Minggu, 01 April 2018

Sudah Siap Beli Barang Mewah?

Foto: Pexels

Setelah karier dan finansial mulai meningkat, sekarang Anda punya uang ekstra untuk membeli barang mewah. Namun, apakah sebenarnya (keuangan) Anda sudah siap? Memang, bertambahnya penghasilan biasanya dibarengi dengan peningkatan gaya hidup dan pengeluaran. Boleh saja jika Anda memiliki keinginan untuk membeli barang yang harganya selangit sebagai hadiah untuk diri sendiri. Namun ketika menetapkan hati pada satu barang mewah yang diinginkan, terkadang kita lupa untuk mempertimbangkan hal lain. Jika Anda ingin membeli barang mewah, khususnya luxury fashion item, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang perlu diajukan ke diri sendiri untuk mengetahui apakah sebenarnya Anda sudah siap untuk melakukan pembelian atau justru sebaliknya.

1/ Bagaimana cara Anda melunasi pembayaran?
Apakah Anda mengambil sejumlah dana di tabungan, mencairkan investasi, atau bahkan menggunakan pinjaman untuk melunasi pembayaran barang mewah? Sebaiknya Anda tidak berutang dan tidak boleh mengorbankan dana darurat atau investasi hanya untuk mendapatkan barang mewah.

2/ Berapa lama Anda ingin menggunakannya?
Cari tahu berapa banyak uang yang bisa Anda dapatkan setelah menjual tas, sepatu, jam tangan, hingga perhiasan mewah ketika Anda tidak memerlukan atau tidak ingin menggunakannya lagi. Untuk Anda yang pertama kali membeli luxury fashion item, pertimbangkan untuk membeli di toko atau e-commerce yang memiliki kebijakan pengembalian barang, sehingga Anda bisa mendapatkan uang Anda kembali jika Anda berubah pikiran.
       
3/ Apakah Anda masih memiliki utang yang harus dilunasi?
Jika keinginan memiliki barang mewah melampaui kemampuan Anda dan membahayakan keamanan finansial karena masih memiliki utang yang harus dilunasi, carilah alternatif lain. Misalnya, menyewa atau meminjam barang yang ingin Anda pakai untuk beberapa waktu.

4/ Tidak punya utang berarti bebas membeli?
Tidak. Hanya karena Anda bebas dari utang, tidak berarti Anda bebas untuk menghabiskan uang. Sebelum melakukan pembelian dalam jumlah besar, jawablah pertanyaan ini. "Mungkin saat ini Anda mampu melakukan pembelian barang mewah, tetapi apakah Anda masih memiliki uang/dana jika sesuatu yang tak terduga terjadi?" Jika Anda mengangguk, berarti Anda sudah cukup siap secara finansial dan emosional untuk membeli barang mewah.

Baca lainnya:
  1. Ingin Cepat Kaya? Simak Tips Berikut Ini
  2. Layanan Internet Cepat Murah dan Unlimited
  3. Reseller ISP, Bisnis Internet Tanpa Modal, Komisi 100%
  4. Kopi Terbaik yang Paling Enak Diminum Saat Bersama Pasangan
  5. Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses
  6. Beauty Vlogger Indonesia Terfavorit
  7. Ini Penyebab Putus Cinta yang Paling Umum
  8. Tips Liburan Murah ke Bali
  9. Film Romantis Thailand, One Day
  10. Tips Biar Gak Salah Memilih Jurusan Kuliah
  11. Sudah Siap Beli Barang Mewah?
  12. Persiapan Pernikahan Tanpa Stress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 Peralatan Fotografi yang Paling Dibutuhkan Pemula, Bermodalkan 7jt an Saja!

Dunia fotografi makin hari makin berkembang saja. Foto-foto yang dulunya bagi kita sudah keren, ternyata sekarang sudah jauh lebih keren. K...